Skip to main content

follow us



Bicara tentang batik memang menarik. Kain yang punya corak dan motif khas ini semakin go-Internasional. Dari awalnya yang mulai ditinggalkan generasi muda, dipopulerkan kembali di era Presiden Soeharto, pernah diklaim Malaysia, hingga akhirnya diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia. Pengakuan yang diumumkan pada 2 Oktober 2009 tersebut merupakan hasil perjuangan Indonesia mempertahankan klaim budayanya. Lalu hari itu diperingati Indonesia sebagai Hari Batik Nasional. Sekaligus pengakuan itu menghapus harapan dan usaha Malaysia untuk mengklaim batik.

Batik Indonesia memang unik. Seperti ragam suku dan bangsanya, batik pun memiliki ragam dan motif sesuai asal daerah ataupun kesukuan. Sehingga ada beragam batik menurut asal daerahnya masing-masing. Bahkan, batik satu daerah masih terbagi lagi ke dalam berbagai motif yang kemungkinan akan terus berkembang sesuai kreatifitas para pengrajinnya.

Ragam Batik Berdasarkan Daerah Asalnya

Ada banyak sekali macam batik berdasarkan daerah asalnya. Tidak hanya dari Jawa, namun juga luar Pulau Jawa. Berikut ini beberapa saja yang kami ulas.
  • Batik Solo

   Sumber Gambar: Saladedebates.wp

Daerah Solo memiliki ciri khas batik yang menampilkan corak warna coklat soga kekuningan yang dominan. Ciri khas geometris sangat kentara pada Batik Solo. Motif yang ditampikan identik dengan ukuran yang kecil-kecil, dan biasa disebut dengan istilah Truntum. Motif yang paling populer dari Batik Solo adalag Sido Asih, Sekar Jagad, Bokor Kencana, Parang Kusuma, dan motif Ratu Ratih.
  • Batik Jogja

   Sumber Gambar: Washingfactory

Dulu Batik Jogja identik sebagai pakaian para bangsawan. Namun kini telah menjadi bagian dari budaya masyarakat umum. Batik Jogja memiliki ciri hitam dan putih dengan warna batiknya putih, biru tua, ataupun cokla soga.
  • Batik Pekalongan

   Sumber Gambar: btiktiara.wp

Pekalongan sangat identik dengan kota penghasil batik. Batik Pekalongan memiliki ciri khas daerah pesisiran, yaitu kaya warna. Bahkan bisa memiliki 10 kombinasi warna namun tetap dinamis.
  • Batik Madua

   Sumber Gambar: Infobatiku

Batik Madura terlihat paling cerah dari batik lainnya. Sesuai dengan tipikal orang madura yang berani, tegas, dan keras. Jadi Madura tidak melulu tentang garam, namun juga memiliki batik khas. Sentra Batik Madura ada di Pamekasan dan Bangkalan.
  • Batik Cirebon

   Sumber Gambar: seithaflife

Batik Cirebon sangat menarik untuk diulas lebih dalam. Batik Cirebon disebut juga Batik Megamendung. Batik Megamendung khas Cirebon menampilkan sentuhan budaya China dalam bentuk garis-garis motif awan, namun dengan bentuk yang lonjong, lancip ataupun segitiga. Lain dari motif awan khas China yang kebanyakan bulat atau lingkaran.

Kampung Trusmi merupakan sentra Batik Cirebon yang sangat terkenal. Kampung ini merupakan kawasan pengrajin batik, juga menjadi salah satu lokasi wisata Indonesia yang terkenal hingga mancanegara. Pasalnya, Batik Trusmi berhasil menembus pasar dari kelas bawah, menengah, hingga elit. Kampung Trusmi pun menjadi destinasi wisata Cirebon yang hits, dan menambah warna pesona Indonesia di mata dunia.


   Sumber Gambar: BT Batik Trusmi

Bicara tentang Kampung Trusmi, ada BT Batik Trusmi yang merupakan pusat grosir Batik Cirebon, sekaligus swalayan yang memiliki jaringan cabang di berbagai daerah di Indonesia. Dengan adanya BT Batik Trusmi, maka buah karya para pengrajin batik di Cirebon, khususnya Kampung Trusmi benar-benar bisa go-Internasional memalui pemasaran online. Slogan BTAlways Batik diusung perusahaan ini untuk memperkuat branding-nya di pasaran. Keterikatan ciri khas dan kekuatan pemasaran ini melahirkan keidentikan di mana Kampung Trusmi menjadi sentra Batik Cirebon dengan BT Batik Trusmi sebagai penyalur produksinya ke masyarakat dunia.



Selain 5 macam batik tersebut, masih banyak lagi macam batik. Mulai dari Jakarta, Banten, Sidoarjo, Banyuwangi, hingga Bali, masing-masing punya ragam batik khas daerahnya. Di pulau Sumatera, daerah Lampung, Palembang, dan Minangkabau pun memiliki budaya batik. Dengan semangat Hari Batik Nasional, semoga kita menjadi generasi penerus yang semakin cinta dengan produk negeri sendiri.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar